FKep Unand Gelar Mitigasi Bencana bagi Dosen & Mahasiswa di Pasia Nan Tigo

Berkolaborasi bersama BPBD Padang, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Padang, Fakultas Keperawatan (FKep) Unand menetapkan Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Kototangah, Padang, menjadi pilot project praktik mahasiswa program profesi ners mulai tahun 2021.

Sebagai bagian dari upaya menetapkan Kelurahan Pasie Nan tigo menjadi Kelurahan Tanggap Bencana, Fakultas Keperawatan di bawah koordinasi Ketua Prodi Ners, Ns Lili Fajria SKep MBiomed baru-baru ini melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa pelatihan pengurangan risiko bencana bagi kelompok risiko bencana.

“Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan bekal ilmu dan keterampilan bagi kelompok-kelompok risiko bencana seperti ibu hamil, balita, remaja dan lansia. Sehingga, mereka mampu menyelamatkan diri dan menolong orang di sekitarnya jika bencana datang melanda,” ujar Lili Selasa (21/12).

Lewat kegiatan pengabdian yang diikuti dosen-dosen FKep Unand yang sebanyak 18 orang ini, tambah Lili, nantinya akan memberikan pelatihan penyelamatan diri, bantuan hidup dasar dan bagaimana koordinasi saat bencana terjadi.

Selain itu, mengikutsertakan mahasiswa program profesi Ners yang sedang melaksanakan praktik profesi di Kelurahan Pasie Nan Tigo.

“Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan pengalaman dan ilmu kebencanaan yang sudah dimiliki mahasiswa di tahap akademik. Mudah-mudahan berkesinambungan, baik masyarakat yang sudah dilatih bisa menyebarkan ilmunya ke keluarga maupun ke masyarakat,” ujarnya. (cr1)

Read 168 times