11 Januari 2024

Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas membuka pendaftaran mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Bagi lulusan S1 Ilmu Keperawatan Universitas Andalas

JADWAL Pendaftaran

      Alumni dari S-1 Keperawatan Unand

  1. Jadwal Registrasi Online : 3 – 26 Januari 2024 (batas upload berkas jam 16.00)
  2. Pengayaan Profesi : 29 Januari 2024 – 9 Februari 2024
  3. Ujian Skillab Rumah Sakit dan LOI (Layanan Orientasi Institusi) 12 - 16 Februari 2024
  4. Pembayaran UKT Profesi : 29 Januari – 9 Februari 2024
  5. Pendaftaran Ulang & Pengisian KRS  29 Januari – 9 Februari 2024
  6. Kuliah Perdana akan mulai tanggal 19 Februari 2024
  7. Silahkan upload melalui, link google form pendaftaran mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Semester Genap 2023/2024 (Lulusan S1 Fakultas Keperawatan UNAND) : https://forms.gle/rnPbB6fkMuyTCgGF6

SYARAT PENDAFTARAN

  1. Telah menyelesaikan Program S1
  2. IPK Minimanl 2,75

Download Surat Pengumuman : https://drive.google.com/file/d/1zj5IKFVrNXCxcw7bRPiQko0Gq7_K_bta/view?usp=drive_link

12 Juni 2023

Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas membuka pendaftaran mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Bagi lulusan S1 Ilmu Keperawatan Universitas Andalas

JADWAL Pendaftaran

      Alumni dari S-1 Keperawatan Unand

  1. Jadwal Registrasi Online : 26 Juni – 9 Agustus 2023 (batas upload berkas jam 16.00)
  2. Pengayaan Profesi : 14 – 23 Agutsus 2023
  3. Ujian Skillab Rumah Sakit dan LOI (Layanan Orientasi Institusi) 24 Agutus - 1 September 2023
  4. Experiential Learning : 26 Agustus 2023
  5. Pembayaran UKT Profesi : 1 – 25 Agustus 2023
  6. Pendaftaran Ulang & Pengisian KRS  1 – 25 Agustus 2023
  7. Kuliah Perdana akan mulai tanggal 4 September 2023
  8. Silahkan upload melalui, link google form pendaftaran mahasiswa angkatan I tahun Akademik Ganjil 2023/2024 (Lulusan S1 Fakultas Keperawatan UNAND) : https://forms.gle/rnPbB6fkMuyTCgGF6
12 Oktober 2022

Fakultas Keperawatan (FKep) Unand khususnya Program Studi Program Profesi Ners membentuk kelompok remaja siaga bencana di Kelurahan Parupuktabing, Kecamatan Kototangah, Padang.

Sebanyak 30 orang remaja Parupuktabing berasal dari 20 RW setempat ditetapkan sebagai relawan bencana di wilayah Parupuktabing,

Lurah Parupuktabing Buderi Himra berterima kasih pada FKep Unand yang sudah memilih Kelurahan Parupuktabing sebagai lokasi pengabdian masyarakat. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat umumnya maupun diri remaja khususnya.

Dengan dibekalinya remaja dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam penanganan bencana, menjadikan Parupuktabing menjadi siap dan siaga dalam menghadapi bencana, walaupun bencana bukan yang diharapkan terjadi.

30 Agustus 2022

Program Studi Profesi Ners Fakultas Keperawatan Unand menyelenggarakan pelatihan kader bencana dengan tema pelatihan kader siaga bencana pada remaja di Kelurahan parupuk Tabing, Minggu 28 Agustus 2022 di fakultas Keperawatan Unand. Topik yang diangkat adalah kesiapsiagaan remaja dalam menghadapi bencana.

Pelatihan ini merupakan salah satu rangkaian acara Pengabdian masyarakan dari Prodi Profesi Ners Skema Iptek Berbasis Program Studi dan Nagari Binaan (IbPSNB) yang didanai oleh Fakultas Keperawatan Universitas Andalas.

Tim pelaksana pengabdian ini terdiri dari dosen-dosen pada Prodi Ners dari keilmuan keperawatan Medikal Bedah dan Gawat Darurat, Dosen Keperawatan Anak dan Maternitas, Dosen Keperawatan Jiwa dan Komunitas dan Dosen dari Keperawatan Dasar para Tenaga Kependidikan di Prodi Ners dan Mahasiswa Prodi Ners juga turut membantu menyukseskan kegiatan ini ujar ketua Pengabdian Masyarakat Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M. Biomed.

Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M. Biomed mengatakan peserta yang terpilih dapat berpartisipasi aktif dalam pelatihan ini. lebih jauh dikatakan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang penanganan pertama pasca bencana kepada kader remaja dan harapan kader ini dapat menjadi relawan di lapangan serta sebelum datangnya pertolongan bantuan dari tenaga kesehatan dan tenaga profesional lainnya. Kader remaja ini diberikan materi - materi dan latihan - latihan yang diperlukan remaja sebagai calon kader bencana.

Adapun materinya yaitu perawatan luka dasar yang diberikan oleh Ns. Elvi Oktarina, S.Kep, M. Kep dan Dr. Ns. Lili Fajria, S.Kep, M. Biomed. Materi berupa hidup dasar diberikan oleh Ns. Fitri Mailani, S.Kep, M.Kep, Dr. Reni Prima Gusty, S.Kp. M.Kes,  dan Dr. Ns. Zifriyanthi Minanda Putri, M. Kep. Materi pengenalan siaga bencana diberikan oleh Dr. Deswita, M.Kep. Sp. Kep. A dan Agus Sri Banowo, S.Kp, MPH. Materi transportasi evakuasi korban bencana diberikan oleh Ns. Dally Rahman, M. Kep, Sp. Kep, MB dan Ns. Randy Refnandes, S,Kep, M.Kep. Materi balut bidai diberikan oleh Ns. Rahmi Muthia, S.Kep, M.Kep,  Ns. Boby Febri Krisdianto, S.Kep. M.Kep dan Muhammad Jamil, S.Kp.M.Biomed dan materi trauma healing diberikan oleh Ns. Feri Fernandes, S.Kep, M. Kep, Sp Kep J dan Dr. Ns. Rika Sarfika, S.Kep. M.Kep kegiatan di dalam labor keperawatan KMB dan gawat darurat labor maternitas dan anak dan labor keperawatan jiwa. di dalam ruangan sudah ada masing-masing pemateri dan fasilitator dengan alat-alat yang sudah lengkap untuk mempermudah jalannya pelatihan materi diberikan sembari dipraktekkan bersama-sama seluruh kader remaja tanpa mengikuti pelatihan dengan baik kegiatan ini dibuka langsung oleh ibu Hema Malini, S.Kp. MN, PhD selaku Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa melalui pelatihan ini para kader remaja siaga bencana dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas diri sehingga remaja mampu menjadi agen penanggulangan bencana

untuk masyarakat disekitarnya acara ini juga dihadiri oleh Bapak Lurah parupuk Tabing

15 Juni 2022

Program Studi Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas membuka pendaftaran mahasiswa baru Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023. Bagi lulusan S1 Ilmu Keperawatan Universitas Andalas

JADWAL Pendaftaran

      Alumni dari S-1 Keperawatan Unand

  1. Jadwal Registrasi Online : 12 Juni – 8 Juli 2022 (batas upload berkas jam 16.00)
  2. Pengayaan Profesi : 11 Juli – 18 Juli 2022
  3. Pembayaran UKT Profesi : 25 Juli - 5 Agustus 2022
  4. Pendaftaran Ulang & Pengisian KRS  pada tanggal 15 – 19 Agustus 2022
  5. Kuliah Perdana akan mulai tanggal 22 Agustus 2022
  6. Silahkan upload melalui, link google form pendaftaran mahasiswa angkatan I tahun 2022/2023 (Lulusan S1 Fakultas Keperawatan UNAND) : https://forms.gle/fsXHKPkdBTN4x3dC8
30 Maret 2022

Dalam Rangka Rapat Umum Anggota AIPNI Regional DIY "Kebijakan Nasional Terkait Uji Kompetensi Nasional OSCE Peran AIPNI dan Intitusi Pendidikan Dalam Persiapan OSCE"

12 April 2022

Mahasiswa Profesi Ners 2021 telah melakukan implementasi keperawatan kepada agregat dewasa hingga lansia, dari usia 26th hingga 80th. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 07 dan 08 maret 2022. Lokasi pemeriksaan kesehatan ini berada di RT 01-06/ RW 02 Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan. Agregat dewasa dan lansia yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak lebih kurang 110 partisipan. Cek kesehatan yang dilakukan yaitu pemeriksaan berat badan dan tinggi badan, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah dan pemeriksaan kolesterol. Kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

21 Desember 2021

Berkolaborasi bersama BPBD Padang, Basarnas, PMI, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Padang, Fakultas Keperawatan (FKep) Unand menetapkan Kelurahan Pasie Nan Tigo, Kecamatan Kototangah, Padang, menjadi pilot project praktik mahasiswa program profesi ners mulai tahun 2021.

Sebagai bagian dari upaya menetapkan Kelurahan Pasie Nan tigo menjadi Kelurahan Tanggap Bencana, Fakultas Keperawatan di bawah koordinasi Ketua Prodi Ners, Ns Lili Fajria SKep MBiomed baru-baru ini melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) berupa pelatihan pengurangan risiko bencana bagi kelompok risiko bencana.

“Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan bekal ilmu dan keterampilan bagi kelompok-kelompok risiko bencana seperti ibu hamil, balita, remaja dan lansia. Sehingga, mereka mampu menyelamatkan diri dan menolong orang di sekitarnya jika bencana datang melanda,” ujar Lili Selasa (21/12).

Lewat kegiatan pengabdian yang diikuti dosen-dosen FKep Unand yang sebanyak 18 orang ini, tambah Lili, nantinya akan memberikan pelatihan penyelamatan diri, bantuan hidup dasar dan bagaimana koordinasi saat bencana terjadi.

Selain itu, mengikutsertakan mahasiswa program profesi Ners yang sedang melaksanakan praktik profesi di Kelurahan Pasie Nan Tigo.

“Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan pengalaman dan ilmu kebencanaan yang sudah dimiliki mahasiswa di tahap akademik. Mudah-mudahan berkesinambungan, baik masyarakat yang sudah dilatih bisa menyebarkan ilmunya ke keluarga maupun ke masyarakat,” ujarnya. (cr1)

22 September 2021

Pandemi dibilang ahli lama akan pudar di negeri ini, penangkal tidak terpapar adalah protokol kesehatan (Prokes)  Covid-19 di semua usia dan semua status sosial.

Fakta di Padang, PPKM Level 4 masih terpatri tanda masih banyak warga mengingkari manfaat penerapan Prokes Covid-19. Sehingga itu berbagai institusi baik pemerintahan, insitituasi TNI dan Polri termasuk kalangan pergruan tinggi berjibaku mensosialisasikan Prokes. “Protokol keaehatan saat ini harus menjadi prioritas semua kalangan tak terkecuali anak anak,” ujar Kepala Prodi Magister Keperawatan Dr.Rika Sabri. M.kes. Sp, Selasa 14 September 2021 saat mendampingi mahasiswa magister keperawatan go to school. Program pengabfian masyarakat satu dari tiga Tri Dharma Perguruan Tinggi, mahasiswa dan dosen dari Program Magister Keperawatan Universitas Andalas mengadakan Pengabdian Masyarakat tentang pelatihan kader sekolah untuk meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan di Sekolah Dasar Citra Al-Madina yang terletak di jln Purus 1 no 8, Padang. “Kegiatan pengabdian ini berlangsung dua hari di mana hari pertama pembekalan materi kepada anak-anak tentang apa itu covid-19 serta bagaimana pemahaman mereka mengenai penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah dan rumah. Pada hari kedua akan dilakukan simulasi penerapan protokol kesehatan mulai dari cara mencuci tangan dengan benar sampai cara menjaga diri sendiri dari penularan virus covid-19,”ujar Dekan Magister Keperawatan Unand Hema Malini.S.kp.MN.P.h. D. Kepala Sekolah SD Citra Al-Madina Rimita Ningsih, SE. M.Pd berharap kegiatan ini bisa memberi masukan yang berarti untuk anak-anak sekolah tentang arti pentingnya menjaga protokol kesehatan. ” Kunjungan ini luar biasa sekali, saya selaku pihak sekolah Berterima kasih Ibu-ibu dosen serta adik mahasiswa sudah berbagi ilmu di sekolah kita ini, semoga ilmu ini akan bermanfaat untuk anak anak kita dan semoga program ini bisa berkelanjutan”, ujar kepala sekolah. Dalam kesempatan tersebut Kaprodi Rika Sabri mengatakan Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak bisa paham dan mengerti bagaimana menerapkan protokol kesehatan dengan benar sehingga mereka bisa mandiri dalam menjaga kesehatannya sendiri. ” Materi ini merupakan pembekalan untuk anak-anak supaya mereka mengerti bagaimana menerapkan protokol kesehatan untuk mereka sendiri, teman-temannya serta lingkungan di rumah mereka sendiri, sehingga mereka punya kesadaran sejak dini menjaga protokol kesehatan selain untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain di sekitarnya.”ujar Rika

10 November 2021

3rd ainic 2021 merupakan konferensi internasional yang diselenggarakan fakultas keperawatan selama 2 hari pada tanggal 13 – 14 Oktober 2021. 3rd ainic kali ini mengangkat tema Technology in Nursing Education and Practice : Current Challenges and Innovation. Tema ini diangkat dengan tujuan mengembangkan teknologi yang akan diterapkan dalam bidang ilmu keperawatan. pemanfaatan teknologi sangatlah penting, terutama dimasa pandemi Covid-19 saat ini.

Konferensi ini dihadiri lebih kurang 365 peserta baik nasional maupun internasional, dan 80 diantaranya berpartisipasi sebagai oral presenter. Peserta sebagian besar berasal dari Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand dan Singapura.

Kegiatan 3rd ainic secara umum terbagi atas webinar dan oral presentation. Kegiatan selama 2 hari ini diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan webinar. Pada webinar hari 1 dihadiri oleh Prof Pamela R Jeffries PhD, RN, FAAN, ANEF, FSSH dari Dean School of Nursing Vanderbilt University, Prof. Liaw Sok Ying, PhD dai National University of Singapore dan Prof. Dr. Rr. Tutik Sri Hariyati, S.Kp, MARS dari Universitas Indonesia sebagai narasumber. setelah acara webinar, dilanjutkan dengan oral presentation. Oral presentasi ini dilakukan di Breakout room aplikasi zoom meeting dan peserta akakn melakukan presentasi sesuai dengan penelitian dan bidang keahlian masing-masing.

Webinar hari ke 2 dihadiri oleh Prof. Tetsuya Tanioka, RN; MA, MSN. PhD, FAAN dari Tokushima University, Prof. Hema Malini, S. Kp, MN, PhD dari Universitas Andalas, Prof. Warapon Kongsuwan, PhD dari Prince of Songkla University Thailand dan Natasha Gulati, MBA dari Customer Succsses Manager Elsevier sebagai narasumbernya. Setelah itu dilanjutkan dengan oral presentasi kembali.

Luaran dari oral presentation ini nantinya akan diterbitkan dalam bentuk jurnal terindeks scopus Q4 serta jurnal Simta 3 dan 4 sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan adanya Ainic ini diharapkan bidang ilmu keperawatan mampu untuk mengembangkan, menginovasikan dan memanfaatkan teknologi, baik dalam hal praktik maupun pendidikan  serta terus melakukan penelitian demi  meningkatkan kualitas pelayanan dan pendidikan keperawatan.