Admin Ners

Admin Ners

Quis fringilla quis cursus urna sed sed velit nunc metus condimentum. Et pretium nec magna eros id commodo ligula Phasellus Curabitur wisi. Lacus elit lorem ridiculus vitae tempus eget nibh ut risus et.
05 Mei 2020

Sumatera Barat, khususnya daerah Kota Padang telah mengalami peningkatan jumlah penderita Covid-19 dengan cukup signifikan. Menyikapi hal tersebut maka, Senin, 4/05/2020, Fakultas Keperawatan Universitas Andalas, melalui Tim Bencana Fakultas Keperawatan, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat mengahadapi pandemic Virus Corona.

Pengabdian ini dilaksanakan melalui rangkaian kegiatan, yang diawali dengan pembagian sembako kepada Civitas Akademika Fakultas Keperawatan bertempat di Fakultas Keperawatan yang dibuka langsung oleh Dekan. Dalam sambutannya Dekan menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat bermanfaat dan membantu civitas akademika. Pada hari yang sama, Dekan juga secara resmi meluncurkan website bencana Fakultas Keperawatan yang akan mengelola seluruh kegiatan terkait bencana Fakultas, menjadi pusat informasi, dan membuka hotline siap siaga bencana Fakultas.

Tim Bencana Fakultas Keperawatan juga melakukan kegiatan pengabdian terpusat masyarakat di Kelurahan Limau Manis Kota Padang. TKegiatan diwali dengan pembagian sembako kepada warga masyarakat yang membutuhkan, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan sosialisasi terkait Covid-19, berupa pencegahan-pencegahan yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus dihindari. Sosialisasi dilaksanakan secara terkoordinasi dengan Lurah Limau Manis, Kepolisian (Polsek), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), serta Komando Rayon Militer (Koramil) 05/Kuranji Pauh, dengan menggunakan kendaraan berkeliling ke seluruh kelurahan Limau Manis. Diharapkan sosialisasi ini dapat benar-benar memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menghadapi dan mencegah mata rantai virus Covid-19. Tim juga memberikan perhatian khusus untuk tempat-tempat keramaian seperti musholla dan pasar kelurahan dengan melakukanpemberitahuan langsung, penempelan poster dan pembagian masker.

Tim Bencana Fakultas Keperawatan juga direncanakan akan melakukan pembagian APD dan vitamin di Puskesmas Pauh dan juga RS Universitas Andalas untuk masyarakat terjangkit ataupun resiko yang membutuhkan. Untuk waktu pelaksanaan masih menunggu konfirmasi dan koordinasi dengan tim puskesmas dan Rumah Sakit.

Hingga hari ini, Fakultas Keperawatan juga telah melakukan penggalangan dana untuk diserahkan kepada civitas akademika baik dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa yang membutuhkan. Di lingkungan Universitas tim bencana akan melakukan penginformasian mengenai disinfektan yang tepat bagi CS Universitas yang diharapkan dapat menjadi panduan dalam melakukan kegiatan kebersihan di lingkungan Universitas.

Diharapkan, melalui rangkaian kegiatan pengabdian kepada masayarakat ini tim bencana Fakultas Keperawatan Universitas Andalas dapat memberikan aksi yang membantu masyarakat secara langsunng dan membantu pemerintah dalam menghadapi Covid-19

06 Oktober 2016

Mata Kuliah Wajib Profesi Ners Kurikulum 2012 (Download SK)

 

SEMESTER KODE MATA KULIAH MATA KULIAH SKS T L P WAJIB PILIHAN MKWU
I MKB501 Keperawatan Dasar Klinik 3     3 *    
MKB502 Keperawatan Medikal Bedah 6     6 *    
MKB503 Keperawatan Anak 3     3 *    
MKB504 Keperawatan Maternitas 3     3 *    
MKB505 Keperawatan Jiwa 3     3 *    
MKB506 Manajemen Keperawatan 2     2 *    
 II     MKB507 Keperawatan Gawat Darurat 3     3 *    
MKB508 Keperawatan Gerontik 3     3 *    
MKB509 Keperawatan Keluarga dan Komunitas  5     5 *    
MKP511-17 Peminatan Keperawatan 3     3 *    
MKB510 Komprehensif  2     2 *    

 

 

Mata Kuliah Wajib Profesi Ners Kurikulum 2020 (Download SK)

 

SEMESTER KODE MATA KULIAH MATA KULIAH SKS T L P WAJIB PILIHAN MKWU
I MKB511 Keperawatan Dasar Klinik 2     2 *    
MKB502 Keperawatan Medikal Bedah 6     6 *    
MKB503 Keperawatan Anak 3     3 *    
MKB504 Keperawatan Maternitas 3     3 *    
MKB505 Keperawatan Jiwa 3     3 *    
MKB506 Manajemen Keperawatan 2     2 *    
 II     MKB507 Keperawatan Gawat Darurat 3     3 *    
MKB518 Keperawatan Gerontik 2     2 *    
MKB509 Keperawatan Keluarga dan Komunitas  5     5 *    
MKB512 Keperawatan Bencana 5     5 *    
MKB510 Komprehensif  2     2 *    

 

 

Mata Kuliah Wajib Profesi Ners Kurikulum 2021 (Download SK)

 

SEMESTER KODE MATA KULIAH MATA KULIAH SKS T L P WAJIB PILIHAN MKWU
I KEP711101 Praktek Profesi Keperawatan Dasar 2     2 *    
KEP711102 Praktek Profesi Keperawatan Medikal Bedah 6     6 *    
KEP711103 Praktek Profesi Keperawatan Anak 3     3 *    
KEP711104 Praktek Profesi Keperawatan Maternitas 3     3 *    
KEP711105 Praktek Profesi Keperawatan Jiwa 3     3 *    
 II     KEP721102 Praktek Profesi Manajemen Keperawatan 2     2 *    
KEP721102 Praktek Profesi Keperawatan Gawat Darurat dan Kritis 3     3 *    
KEP721103 Praktek Profesi Keperawatan Gerontik 2     2 *    
KEP721104 Praktek Profesi Keperawatan Komunitas dan Keluarga 5     5 *    
KEP721105 Praktek Profesi Keperawatan Bencana 5     5 *    
KEP721106 Karya Ilmiah Akhir 2     2 *    

 

 

 

03 Oktober 2016

VISI

Menjadi Pusat Pengembangan Keperawatan Berbasis Kemitraan Masyarakat, Unggul dan Bermartabat untuk mewujudkan masyarakat yang Tangguh ditingkat Nasional dan Regional tahun 2030”.

 Penjabaran Visi Prodi S1 Keperawatan / Ners Fakultas Keperawatan Universitas Andalas adalah sebagai berikut :

  • Menjadi Pusat Pengembangan Keperawatan diartikan sebagai refleksi bahwa Program Studi  S1 Keperawatan/Ners menjadi salah satu insitusi pendidikan keperawatan yang berkualitas dalam membentuk tenaga keperawatan yang kompeten dan berakhlak mulia.
  • Berbasis kemitraan masyarakat diartikan sebagai bentuk upaya program studi untuk senantiasa mendukung kepentingan masyarakat luas dalam berbagai tugas yang diembannya, baik pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat.
  • Unggul dan bermartabat diartikan sebagai program studi yang memiliki reputasi yang baik, ditunjukkan dengan lulusan yang berdaya saing nasional dan regional serta kemampuan melakukan publikasi ilmiah yang berkualitas. (lampiran 1.a9 Dokumen visi misi dan penjabaran)

MISI

Untuk dapat mewujudkan visi tersebut, maka disusun beberapa misi program studi sebagai berikut :

  • Menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan Profesi yang berkualitas dan berkesinambungan.
  • Melaksanakan penelitian dan pengabdian pada masyarakat berbasis kebaharuan pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.
  • Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang produktif dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  • Mewujudkan tata kelola ”Good Governance” pada program studi untuk mewujudkan prinsip akuntabilitas. (lampiran 1.a9)

 

TUJUAN

Tujuan

Sasaran

 

 

M1. Menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan Profesi yang berkualitas dan berkesinambungan.

 

 

 

T1. Menghasilkan lulusan yang berdaya saing nasional dan regional, dengan semangat enterpreneurship.

T2. Meningkatkan daya tampung mahasiswa dalam upaya pemerataan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat.

 

 

M2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis kebaharuan pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

 

T3. Mengembangkan IPTEKS keperawatan yang relevan dengan perkembangan keilmuan keperawatan dan kesehatan yang mampu berkontribusi pada pembangunan kesehatan nasional dengan berbasis kemitraan dengan berbagai lembaga dan masyarakat.

T4. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pelaksanaan pengabdian masyarakat sebagai upaya membentuk ketangguhan masyarakat dalam menghadapi berbagai masalah kesehatan dan kemandirian perilaku hidup sehat.

 

M3. Menjalin dan mengembangkan kerjasama yang produktif dengan berbagai pihak dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

T5. Memperluas jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta di tingkat nasional dan regional dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

 

M4. Mewujudkan tata kelola ”Good Governance” pada program studi untuk mewujudkan prinsip akuntabilitas.

 

 

T6. Meningkatkan kuantitas dan kualitas fasilitas, sarana, prasarana, serta teknologi yang sesuai dengan standar pendidikan tinggi nasional dan regional.

T7. Mewujudkan masyarakat kampus yang bertanggungjawab, disiplin, dan mendukung budaya ilmiah sesuai dengan peraturan yang berlaku.